Penyebab Pinjaman KTA di Bekasi Sulit Tembus!

Beberapa calon nasabah kami yang berasal dari kota Bekasi, menyatakan bahwa dirinya sulit sekali mengajukan pinjaman KTA (Kredit tanpa Agunan). Mereka berkali-kali mencoba dan sulit tembus persetujuan (ditolak). Dan beberapa orang juga menyatakan sekalipun sudah disetujui, tetapi nilai pencairan dana yang dipinjam tidak sesuai harapan. Adakah yang salah dalam hal ini? Apakah KTA di Bekasi memang menjadi anak tiri? Berikut tanggapan kami.

Salah satu program pinjam uang di kota Bekasi yang banyak diharapkan warga adalah pinjaman tanpa jaminan apapun. Program ini sangat menarik dan dianggap sebagai suatu kemudahan. Dan melalui artikel ini, kami sampaikan tidak ada diskriminasi dari pihak kreditur KTA berdasarkan wilayah. Memang, pada kenyataannya hampir semua bank penerbit layanan tanpa agunan sama sekali ini tidak mampu menjangkau seluruh kota di Indonesia. Dan ini biasanya disebabkan karena jaringan mereka belum siap melayani wilayah tersebut, sekalipun ada kantor cabangnya!

pinjaman kredit ditolak

Alasan Penolakan KTA

Adapun penyebab permohonan pinjaman khususnya program tanpa agunan ditolak oleh bank dan kreditur lain adalah sebagai berikut:

Baca juga: Pinjaman di BFI Finance Cikampek

  1. Catatan buruk di BI checking (SLIK OJK). Masyarakat khususnya di kota Bekasi, Cikarang, Tambun, Pondok Gede, Karawang dan Cikampek harusnya menyadari bahwa catatan keuangan seseorang yang pernah terjadi di masa lampau masih tetap terekam. Terutama jika anda pernah mengalami kredit macet di bank, leasing maupun BPR.
  2. Catatan rekaman data di Bank Indonesia ini bisa tersimpan baik juga dapat disebabkan karena data identitas anda pernah dipinjam saudara maupun kerabat. Lalu mereka melakukan wanprestasi sehingga mengakibatkan tunggakan. Dari sisi hukum, nama di dalam dokumen kredit yang tercatat adalah yang mengalami kerugian. Tidak ada alasan apapun yang menganulir, sekalipun anda hanya dipinjam nama.
  3. Penolakan KTA juga bisa disebabkan karena kurangnya kapasitas keuangan nasabah dalam analisa. Misalnya anda meminjam sejumlah dana, dengan angsuran 2 juta. Padahal gaji yang tercatat hanya 2,5 juta saja. Ini juga menyebabkan gagalnya persetujuan kredit. Idealnya, besarnya cicilan pinjaman non agunan itu maksimal 30% dari penghasilan yang bisa dibuktikan. Walaupun kami tidak melayani jenis pinjaman ini, tetapi kamipun juga beberapa kali menolak kredit nasabah dari Bekasi, Pondok Gede dan Cikarang karena alasan minimnya kapasitas keuangan. Sekalipun anda berdalih memiliki penghasilan lain tetapi tidak dapat dibuktikan dari sisi hukum (tercatat) maka dalih nasabah tidak dapat diterima.
  4. Pengaruh dari pengalaman rekan kerja. Sebenarnya hal ini subyektif. Tetapi kadang credit analis melihat kondisi secara general terhadap tempat kerja dari calon nasabah. Jika banyak catatan buruk yang pernah dilakukan oleh karyawan suatu perusahaan yang merugikan bank, maka secara subyektif mereka menolak permohonan pendanaan pinjaman kredit tanpa jaminan.
  5. Tidak adanya referensi perusahaan. Produk tanpa jaminan memang memiliki resiko tinggi. Karena jika diberikan pada seseorang yang tidak bertanggung jawab, pasti macet! Itulah sebabnya beberapa kreditur melakukan croscek ke perusahaan tempat calon konsumen bekerja. Jika pihak berwenang di kantor tersebut menyatakan tidak berani merekomendasikan, maka permohonan kredit tidak dikabulkan.
  6. Tidak ada catatan keuangan di perbankan sama sekali. Ini juga merupakan salah satu bahan analisa oleh kreditur penerbit KTA. Pemberi pinjaman bisa saja ragu terhadap seseorang, apabila tidak ada catatan sama sekali di BI. Mulai dari info rekening bank, kredit maupun transaksi perbankan lainnya. Apalagi jika nasabah tinggal di kota yang modern seperti Bekasi, Karawang, Cikarang dan Pondok Gede. Di sekeliling anda tersedia hampir semua bank nasional. Mungkinkah anda tidak pernah transaksi perbankan sama sekali?
  7. Pengalaman keluarga yang buruk. Walau hal ini juga cukup subyektif, tetapi ada juga kredit analis bank yang menjadikannya patokan untuk analisa. Orang tua, pasangan, kakak atau adik nasabah dalam satu KK (kartu keluarga) pernah terjadi pinjaman macet, maka berdampak buruk bagi anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Syarat Pinjaman di BFI Finance Pondok Gede

Demikianlah penjelasan kami terkait banyaknya kasus penolakan permohonan pinjaman kredit tanpa menggunakan jaminan. Kondisi yang kami sebutkan bukan hanya terjadi pada masyarakat Bekasi hingga Cikampek saja. Melainkan juga terjadi di kota lain seperti: Jakarta, Surabaya, Bandung dan lain-lain. Tidak mungkin pemberi kredit KTA melakukan blacklist suatu wilayah apalagi suatu kota! Tembus acc persetujuan tidak pernah mempertimbangkan kota asal pemohon pinjaman.

Info Dana Tunai

Berbagi Pinjaman Dana Tunai Bekasi